Jumat, 15 Oktober 2010

membaca kritis


MEMBACA KRITIS
TUGAS KELOMPOK
MATA KULIAH : MEMBACA
DOSEN : Drs.Sarmatua Pardosi,M.pd

Nama:
1.Iput Rahayu Ningsih (100388201293
2.Fatimatussholihah (100388201284)
3.Ririn Oktarina Dewi Safari (100388201230)
4.Seni Zamo Miarti (100388201215)
5.Sumiati (100388201295)


UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI
(UMRAH)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(FKIP)
TANJUNGPINANG 2010

KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan tugas ini dapat diselesaikan.

Tugas ini disusun untuk diajukan sebagai tugas mata kuliah Membaca dengan judul Membaca Kritis berdasarkan tugas kelompok.

Tak ada gading yang tak retak, begitu pula dengan makalah ini. Oleh karena itu, kami mengaharapkan kritik dan saran agar makalah ini menjadi lebih baik. Terima kasih disampaikan kepada Bapak Drs.Sarmatua Pardosi,M.pd selaku dosen mata kuliah Membaca yang telah membimbing dan memberikan kuliah demi lancarnya tugas ini.

Demikianlah tugas ini disusun semoga bermanfaat, agar dapat memenuhi tugas mata kuliah Membaca.


Tanjungpinang, 16 Oktober 2010
Penyusun

Kelompok 4






i

Daftar Isi

Kata Pengantar.........................................................................................................................i
Daftrar Isi.................................................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang Pembuatan Makalah..................................................................................1
    2. Tujuan Pembuatan Makalah...............................................................................................1
    3. Tinjauan Pustaka dan Sumber Internet..............................................................................1
BAB II MEMBACA KRITIS
    1. Pengertian Membaca Kritis...............................................................................................2
    2. Tujuan Membaca Kritis.....................................................................................................2
    3. Manfaat Membaca Kritis...................................................................................................2
    4. Teknik Membaca Kritis.....................................................................................................3
    5. Contoh Bacaan dan Praktik Dalam Membaca Kritis.........................................................3
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan........................................................................................................................4
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................................5







ii
BAB I PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
Makalah ini kami susun berdasarkan mata kuliah membaca yaitu kami akan menguraikan tentang “menbaca kritis”.
Pada dasarnya ketrampilan berbicara akan memperoleh secara maksimal apabila pembicaraan banyak membaca . Berbagai informasi dalam teks dapat dikemukakan kembali secara lisan ketika berbicara dengan orang lain atau siapapun.
    1. Tujuan Pembuatan Makalah
  1. Mahasiswa menerapkan ketrampilan membaca
  2. Mengetahui hakikat dalam ketrampilan berbahasa
  3. Menambah ketrampilan berbahasa dengan fokus membaca
    1. Tinjauan Pustaka dan Sumber Internet
Tinjauan Pustaka : Adapun sumber yang kami peroleh yaitu berasal dari buku-buku perpustakaan tentang membaca kritis.
Sumber internet : Selain dari buku kami juga mengambil uraian materi dari internet.










1

BAB II MEMBACA KRITIS
2.1 Pengertian Membaca Kritis
Membaca tidak hanya menerima pasif dari penulis seperti kalau kita menerima bingkisan, tetapi aktif seperti kalau kita menangkap bola. Menangkap bola sama artinya dengan melempar bola. Keduanya aktif. Bolanya yang pasif. Membaca secara kritis adalah cara membaca dengan melihat motif penulis dan menilainya. Pembaca tidak sekedar menyerap apa yang ada, tetapi ia bersama-sama penulis berpikir tentang masalah yang dibahas.Membaca secara kritis berarti kita harus mampu membaca secara analisis dan dengan penilaian.
Jika kita membaca, harus ada tiga kegiatan ini : berpikir, menilai, dan membuat batasan-batasan. Kesemuanya itu perlu dilakukan dengan serentak.
2.2 Tujuan Membaca Kritis
Adapun tujuan membaca kritis yaitu, untuk mendalami isi bacaan berdasarkan penilaian yang rasional lewat keterlibatan yang lebih mendalam dengan pikiran penulis yang merupakan analisis yang dapat diandalkan.
2.3 Manfaat Membaca Kritis
Syarat pokok yang perlu dipenuhi yakni :
  1. Pengetahuan tentang bidang ilmu yang disajikan dalam bacaan
  2. Siap bertanya dan sikap menilai yang tidak tergesa-gesa
  3. Penerapan berbagai metode analisis yang logis atau penelitian ilmiah
Jika Anda memiliki persyaratan pokok tersebut maka Anda akan dapat menarik manfaat yang sangat penting dalam membaca kritis, antara lain :
  1. Pemahaman yang mendalam dan keterlibatan yang padu sebagai hasil usaha menganalisis sifat-sifat yang dimiliki oleh bahan bacaan
  2. Kemampuan mengingat yang lebih kuat sebagai hasil oleh bahan bacaan
Kemampuan mengingat yang lebih kuat sebagai hasil usaha memahami berbagai hubungan yang ada didalam bahan bacaan itu sendiri dan hubungan antara bahan bacaan itu dengan bacaan lain atau dengan pengalaman membaca Anda.


2
2.4 Teknik Membaca Kritis
Teknik Membaca Kritis sebagai berikut, yaitu :
  1. Pilihan waktu yang menurut anak sesuai untuk membaca waktu yang sesuai disini adalah waktu dimana tidak terdapat gangguan baik dari luar maupun dari dalam
  2. Pilihan tempat dan suasana yang sesuai untuk membaca yaitu tempat terang, sejuk, barsih, nyaman, tenang, dan rapi
  3. Perhatikan posisi, pastikan posisi anak yang benar dengan posisi tegak, tidak bungkuk, dan pastikan jarak antara buku dan mata anak < dari 30 cm
  4. Siapkan juga hal-hal yang biasanya membantu anak dan membaca, seperti pensil/ spidol
  5. Lakukan survei isi buku
  6. Membuat pertanyaan
  7. Membaca teliti
  8. Lakukan evakuasi
  9. Tinjau Ulang
2.5 Contoh Bacaan dan Praktik Dalam Membaca Kritis
Marilah kita cermati bacaan berikut ini!
Menurut suatu penelitian di Universitas
Cambridge, aturan huruf dalam kata tidak
penting. Cukup huruf pertama dan terakhir


Tentunya Anda dapat membaca bacaan di atas dengan cukup mudah, bukan? Akan tetapi,
bagaimana dengan bacaan berikut ini !
Memangagaksulitmembacatulisaninikarenatan
patitikdankomadanjugapastilamakelamaanand
apastijaditerbiasawalaupunjarangadaorangyan
Bacaan kedua mungkin agak sulit daripada bacaan pertama karena Anda jarang menemukan
tulisan tanpa tanda baca, perbedaan huruf besar/kecil, dan tanpa spasi, seperti itu. Akan tetapi,
akhirnya Anda tetap dapat membacanya bukan?

3

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa membaca kritis merupakan membaca yang dilakukan secara bijaksana, penuh tenggang hati, mendalam, evaluatif serta analisis/teliti.




















4

Daftar Pustaka
Soedarsono. Speed Reading.Jakarta, 2006.
Tarigan; Henry Guntur: 1979. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.
www.membacakritis.com




















5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar